BANNER PANTANG SURUT

Kegiatan Binrohtal Personel Sat Brimob Kep. Babel

Written By Tekkom on Thursday, 05 January 2017 15:03
Kegiatan Binrohtal Personel Sat Brimob Kep. Babel

Setelah melaksanakan apel Kesatuan, Sat Brimobda Kep. Babel melaksanakan kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal). untuk yang beragama muslim melaksanakan kegiatan tersebut di Masjid Saladin Sat Brimobda Kep. Babel sedangkan...

Silahkan isikan pengaduan, keluhan, kritik dan saran Anda di formulir ini.
Email Anda:
Perihal:
Tulis Pesan:
Berapa jumlah jari kedua tangan Anda?


Sejarah Brimob Polda Kep. Babel

brimobPada tahun 2000 sebelum terbentuknya Satuan Brimob Polda Kep. Babel, Brimob Kabupaten Bangka merupakan sebuah kompi kerangka dari Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan yang bernama Kompi 3 Batalyon A dengan besar kekuatan sebanyak 32 personil. Kompi 3 Batalyon A ini menempati gedung Diklat milik Pemda Kabupaten Bangka yang beralamat di Jalan Pemuda Sungailiat Bangka dengan jabatan Komandan Kompi atau Danki dijabat oleh IPDA Zulkipli Susandra dengan jabatan Plh. Danki 3 Batalyon A Sat Brimob Polda Sumatera Selatan.

Pada tanggal 5 September 2000, diadakan perjanjian kerja sama Pemda Kabupaten Bangka dengan Polda Sumatera Selatan di Palembang, dalam perjanjian kerjasama itu di tandatangani oleh Kolonel Laut H. Eko Maulana Ali, M.Sc selaku Bupati Kabupaten Bangka akan menghibahkan lahan seluas + 7,5 Ha yang terletak dijalan Matras lama Kelurahan Sinar Jaya Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka yang diserahkan kepada Brigadir Jenderal Polisi Drs. Togar Sianipar, M.Sc selaku Kapolda Sumatera Selatan dengan disaksikan oleh Kapolri Jendral Polisi Drs. Rusdi Harjo.

Pada lahan yang telah dihibahkan tersebut direncanakan akan dibangun Markas Komando dan Asrama Brimob Kompi 3 Batalyon A Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan dan pada tanggal 19 Oktober 2000 keluarlah Skep Kapolda Sumatera Selatan dengan Nomor Pol.: Skep / 687 / X / 2000 yang berisi tentang pengangkatan IPTU Trisno Rohmadi sebagai Komandan Kompi 3 Batalyon A Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan yang menggantikan Komandan Kompi Sebelumnya IPDA Zulkipli Susandra. Tidak lama menjabat Danki Kompi 3 Batalyon A, IPTU Trisno Rohmadi lulus PTIK dan jabatan Danki Kompi 3 Batalyon A digantikan oleh AKP Aspin Amin yang menjabat sampai dengan tahun 2002.

brimob babel2Pada tanggal 14 Mei 2002, dikeluarkanlah Surat Perintah Kasat Brimob Polda Sumatera Selatan dengan No Pol.: Sprin / 123 / V / 2002 tentang pengangkatan IPTU Alfred Ramses Sianipar sebagai Komandan Kompi 3 Batalyon A Sat Brimob Polda Sumatera Selatan yang menggantikan pejabat sebelumnya AKP Aspin Amin. Pada bulan Maret 2003 keluar Keputusan Kapolri dengan No Pol.: Kep / XI / III / 2003 tanggal 13 Maret 2003 tentang Polisi Wilayah Menjadi Polda dengan status persiapan, maka Kompi 3 Batalyon A Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan diganti menjadi Kompi 5 Batalyon A Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Danki yang sama yaitu IPTU Alfred Ramses Sianipar. Pada tanggal 26 April 2004 Kompi 5 beserta inventarisnya yang merupakan bagian dari Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan diserahterimakan oleh Kasat Brimob Polda Sumatera Selatan AKBP Drs. Sukamso kepada Plh. Kasat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung KOMPOL Drs. Muhammad Badrus, semenjak itu Kompi 5 berganti nama menjadi SATUAN BRIMOB POLDA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG.

Hingga kenaikan pangkat menjadi AKBP Drs. Muhammad Badrus dan selama kurang lebih 2 tahun menjabat sebagai Plh. Kasat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung, keluarkah telegram Kapolri dengan No Pol.: TR / 177 / III / 2006 tanggal 16 Maret 2006 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan lingkungan Polri, dan pada tanggal 22 April 2006 dilaksanakan upacara serah terima jabatan Kasat Brimob yang bertempat di Mako Satuan Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung dari AKBP Drs. Muhammad Badrus kepada AKBP Drs. Ahmad Dyana Putra. Pada tanggal 03 September 2006 AKBP Drs. Ahmad Dyana Putra telah lulus Sespim dan berdasarkan TR Kapolri dengan No Pol.: TR / 910 / XI / 2006 tentang mutasi dilingkungan Polri, maka tugas dan tanggung jawab Kepala Satuan Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung diserahkan kepada Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

brimob babel5Pada tanggal 27 Maret 2007 dilaksanakanlah pengukuhan Jabatan Kasat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung oleh AKBP Drs. Leo Bona Lubis sampai dengan oktober 2009 dan berdasarkan telegram Kapolri dengan No Pol.: TR / 549 / X / 2009 tentang pemberitahuan pemberhentian dari dan pengangkatan jabatan dalam lingkungan Polri jabatan Kasat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung diserahkan oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung dengan berdasarkan Sprin Kapolda No Pol.: Sprin / 1051 / X / 2009 tanggal 21 Oktober 2009 dilaksanakan penyerahan tugas tanggung jawab dan wewenang Kepala Satuan Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung dari AKBP Drs. Leo Bona Lubis kepada AKBP Almas Widodo Kolopaking.

Masa Jabatan Kasat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Almas Widodo Kolopaking kurang lebih selama 1 tahun dan pada tanggal 23 Desember 2010 keluarlah telegram Kapolri dengan No Pol.: TR / 1232 / XII / 2010 tentang pemberitahuan pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan lingkungan Polri, maka jabatan Kasat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung diserahkan oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal Polisi Drs. M. Rum Murkal berdasarkan Sprin Kapolda dengan No Pol.: Sprin / 1102 / XII / 2010 tanggal 31 Desember 2010 tentang perintah pelaksanaan tugas personel dilingkungan Polda, maka pada tanggal 04 Januari 2011 dilaksanakan penyerahan tugas tanggung jawab dan wewenang Kepala Satuan Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung dari AKBP Almas Widodo Kolopaking kepada Kombes Pol Drs. H. Adeni Mohan Daeng Pabali, MM. Masa Jabatan Kasat Brimob Polda Kep. Babel Kombes Pol Drs. H. Adeni Mohan Daeng Pabali, MM kurang lebih selama 1 tahun dan pada tanggal 28 Desember 2011, Jabatan Kasat Brimob yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Drs. H. Adeni Mohan Daeng Pabali, MM di serahkan oleh Kombes Pol Iman Wahyudi, S.IK, M.Si, MH. Selama kurang lebih 5 tahun satBrimob Polda Kep. Babel di pimpin oleh Kombes Pol Iman Wahyudi, S.IK, M.Si, MH, kemudian pada tanggal 1 Januari 2016, keluarlah surat perintah mutasi jabatan Kasat Brimob Polda Kep. Babel dari Kombes Pol Iman Wahyudi, S.IK, M.Si, MH kepada Kombes Pol Laksana, S.IK yang sebelum nya menjabat sebagai Kasat Brimob Polda Maluku Utara.

Masa jabatan Kombes Pol Laksana, S.IK yang kurang lebih 4 bulan mulai dari 1 Januari 2016 hingga 11 Mei 2016, kemudian digantikan oleh AKBP Arif Budiman, S.IK, M.H yang sebelum nya menjabat sebagai Wakasat Brimob Polda Sumatera Selatan. Pada tanggal 1 Juli 2016 AKBP Arif Budiman, S.IK, MH  telah naik pangkat setingkat lebih tinggi Menjadi Komisaris Besar Polisi. Kurang lebih lebih 6 bulan Kombes Pol Arif Budiman, S.IK, MH menjabat sebagai kasat Brimob Polda Kep. Babel  tepatnya pada tanggal 25 November 2016, jabatan kasat Brimob Polda Kep. Babel di jabat oleh Kombes Pol Farid Bachtiar Effendi, S.IK yang sebelum nya menjabat sebagai Kasat Brimob Polda Bengkulu.

PELAYANAN PUBLIK

siagabrimob

DANSAT BRIMOB BABEL

kasat farid

KBP FARID BACHTIAR EFFENDI, S.IK

WEBLINK

polri2
poldababel
pemprov
ppid2
propam
pusdikmin1
akpol
brimob
jbbabel

PENGUNJUNG

Sat Brimob Polda Kep. Babel
Hari ini55
Kemarin63
Bulan ini1075
Keseluruhan138769